Announcement

Collapse
No announcement yet.

Tips Memulai Bisnis

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • #1

    Tips Memulai Bisnis

    Pernah tau bagaimana siasat untuk memulai bisnis tanpa modal? Abdul Malik Cahyo, juragan dari Sepatu Vans Online, label busana muslim yang sekarang memiliki berbagai macam usaha online yang pernah dijual ke semua daerah di Indonesia, menjelaskan cara jitu usaha tanpa dana.Tetap dapat berjualan busana kok meski bisnis tanpa uang. Anda mampu memanfaatkan tumpuan kawan atau orang lain untuk menjualkan barangnya dengan mengumpulkan terlebih dahulu. Atau dengan trik dropship, di mana Anda hanya menjualkan produk orang lain tanpa perlu membelinya lebih dahulu,” tutur malik.

    Ketika ada konsumen, lanjutnya, produk dikirim langsung oleh pemilik produk ke alamat pembeli, dan kamu masih mendapatkan keuntungannya. “Kalau cara ini berhasil, kamu bisa mempertimbangkan untuk produksi sendiri,” ujar malik.

    Inspirasi Panca Indera

    Harus diingat, kata malik, walaupun kamu hendak mencoba usaha tanpa modal, tidak berarti lalu berjualan jadi setengah-setengah.

    Justru, jadikan kreativitas menjadi modal utama Anda. Gagasan desain baju bisa dicari dari mana saja. Tetapi, bila menginginkan yang sempurna, sebaiknya bukan melihat hasil karya orang lain lantaran barang jadi tidak asli.

    Malik memberi kiat, mungkin saja meniru inspirasi yang agak “jauh”, seperti alam, suasana jalan, batu-batuan, serta khayalan sendiri.

    Menurutnya, hal ini yang paling penting, semua inspirasi yang diambil lewat mata, telinga atau lainnya, harus segera dituangkan dalam moodboard, lalu disusun sehingga dapat membantu kamu untuk memvisualkan. Seperti untuk tema under the sea, Anda dapat memakai warna sungai, rupa hewan-hewannya, dan juga untuk gagasan baju, ujar malik.

    Setelah beres diproduksi, penjualan dapat dipilih mau lewat online ataupun offline. Malik menjelaskan, cara jitu bisnis tanpa modal adalah ewat berjualan online. Selain sangat gampang, berjualan melalui online juga lebih murah karena tidak perlu membayar ruangan dan karyawan.

    Misalkan seperti menjual cadar, jilbab, sepatu atau lain sebagainya yang dipublikashikan lewat social media, web dan lain sebagainya

    Rahasia Bisnis Fashion

    Belum lama ini, Abdul Malik, pernah membuka soal rahasia keberhasilan usaha di jenis fashion. Bagaimana itu? Ia pada mulanya menjelaskan, jika seseorang berniat berbisnis di bidang fashion, yang pertama perlu dimatangkan adalah rencana bisnis apa yang dia inginkan? Misalnya berbisnis baju muslim.

    "hal Ini tersedia jenis, apakah baju muslim jenis kasual, pengantin, baju kerja, atau lainnya. Kalau yang kasual, mesti paham untuk usia berapa target konsumen, segmennya yang mana, apakah kelas menengah atas atau bawah?” Malik sudah mengerti siapa target pasarnya

    Konsep inilah yang kemudian mesti dicatat, dan dipikirkan kelebihan dan kelemahannya. “Jadi, perlu memahami apa kemampuan barang yang kita promosikan ini.

    Malik menegaskan, berbisnis meski lewat offline atau online sekedar sebuah sarana, sehingga dalam penguasaan konsepnya wajib sadar lebih dulu. Bisnis dengan rancangan bagus dapat lebih mudah dikenali atau dicari orang dibanding usaha yang tidak memiliki konsep.

    Eksplorasi Sejalur

    Bisnis yang tidak mempunyai kapabilitas kebanyakan sekedar mengikuti tren. Ujungnya tidak akan bertahan lama disebabkan pesaing banyak. Sebab, banyak yang memiliki pola pikir yang mirip dan melaksanakan usaha itu.

    Lalu, membawa dampak konsep yang tahu akan modal terbatas? Sehingga Malik mengungkap tips memulai berbisnis busana selanjutnya.“Kita tetap sanggup menikmati keuntungan berbisnis fashion tanpa perlu berkhayal banyak hal sekaligus.

    Misalnya dalam sistem waralaba. Kalau kita mempunyai kelebihan dalam pemasaran atau penjualan, bisa jadi reseller. Kan, tidak seutuhnya wajib kami melakukan sendiri. Kita bisa memilih jika senang menjadi penjual, atau produsen,” papar malik.

    Dengan bereksplorasi sesuai konsep, kita dapat memberi tambahan product di luar baju, tapi tetap sejalur, seperti sepatu, kuncir pinggang, aksesoris dan lainnya.

    Bisnis Punya Selera

    Menjadi reseller , meski hanya menjualkan product milik orang lain, mesti selalu fokus. “jika terlihat keluar berasal dari jalur, langsung kembali lagi.
    Jangan semuanya dihendaki, bisa-bisa mungkin orang yang melihat gambar produk Anda juga bingung. Jadi bukankah lebih enak kalau kita mengeluarkan produk baru per sesi. Contohnya, mengeluarkan sesi busana bulat-bulat,” imbuhnya.

    Dengan cara rilis produk per sesi, orang jadi lebih menyadari karena ada struktur. Selalin itu juga, orang-orang jadi menanti-nanti kita agar mengeluarkan produk yang baru tambahnya.

    Dengan struktur yang pasti seperti ini, imbuhnya malik, usaha akan jadi sangat bagus. Jika foto pakaian yang dipasang dengan online pada internet jadi dilihat sangat rapi dan memiliki jenis yang nice.

    Seseorang yang yang melihat akan mulai berpikir bahwasanya jualan online kita memiliki magnet atau selera. Sehingga, nilai jual produk Anda membuat lebih bersaing karena kita memilih produk yang nantinya dijual, tidak hanya asal pilih, terangnya.

    Pasalnya, beliau menambahkan, trik sukses usaha fashion ialah dengan tahu nilai uang yang dikeluarkan calon pembeli dalam modal belanja pakaian dalam kurun 30 hari.

    Ini bertujuan untuk melihat target pasar. Lalu, bagaimana mengenai modal? Pengusaha brand busana pengantin muslim Gigih n Malik La Perle tersebut mengungkapkan, bisnis yang bagus ialah bisnis yang dimulai dari kecil. Keuntungan yang didapat diputar lagi dalam modal sehingga usaha akan bisa berkembang dan mengakar dengan kuat.

    Bandingkan orang lain yang dari awal menanamkan modal besar. Dia memiliki kewajiban dalam memulangkan modal besarnya itu, dan kurun waktu yang diperlukan juga lebih lama, tandas Malik.

    Meski dalam modal kekurangan, produk yang mau dijual harus memiliki daya tarik. Dalam membuat strategi keterbatasan modal, Gigih dan Malik yang pernah menggelar fashion show di Paris menyarankan barang yang dipromosikan mempunyai beberapa model juga warna sekaligus.

    Misalnya, menyediakan 10 jenis, tapi setiap jenis hanya dikeluarkan 3 jenis. Ini sekaligus proses melihat pasar.

    Dengan demikian, usaha Anda akan semakin bervariasi. Jika perlu, buatlah juga semua pakaian, dengan UK all size pada awalnya, untuk tahu respon pasar. Bila ada permintaan UK beda, mampu dicatat berapa banyak permintaan jumlahnya. Mana yang lebih banyak dimintanya, barulah diproduksi lebih banyak, ujarnya membagi tips cara sukses bisnis baju.

  • #2
    saya menjalankan bisnis jual AC daikin di Jakarta, lalu bagaimana caranya untuk saya mendapatkan reseller yang baik untuk membantu penjualan saya?

    Comment

    Powered by Stromotion
    Working...
    X